Minggu, 08 Februari 2015

😃😃Menyontek😃😃





Menyontek adalah perilaku buruk yang ditunjukan oleh seseorang siswa atau pelajar pada saat sedang menghadapi ujian atau ulangan. Bagi sebagian orang menyontek itu perilaku bodoh,  perilaku tercela, dan tindakan yang dilarang oleh agama, tapi tetap saja mencontek ini masih dilakukan oleh banyak orang.Hal ini sering terjadi di berbagai tempat,  terutama di sekolah-sekolah Sebenarnya apa yg menyebabkan kita atau siapa pun ini mencoba untuk menyontek?apakah baik mencontek ini bagi kita , dan apakah dampak terburuknya jika kita ketahuan menyontek.Apakah sebenarnya faktor-faktor penyebab terjadinya menyontek ini,mari kita cari tau jawabannya disini.
Menyontek sebenarnya merupakan perbuatan yang tidak jujur yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban dengan cara apapun, yaitu  dengan melihat pekerjaan orang lain,ataupun menyediakan kertas contekan.
Orang-orang berfikir perbuatan menyontek adalah perbuatan yang buruk dan tidak baik untuk ditiru. Namun didalam perilaku menyontek terdapat pihak lain yang bersangkutan, yaitu orang yang dicontek. Perilaku menyontek pada saat ujian atau ulangan berbeda dengan perilaku bekerjasama untuk saling mendapatkan jawaban dalam ujian. Perilaku bekerja sama dalam menghadapi ujian dilakukan secara berkelompok. Bekerjasama dalam ujian biasanya sudah mendapatkan persetujuan dari keduabelah pihak atau lebih, untuk saling memberikan jawaban antara satu sama lain. Sedangkan perbuatan menyontek adalah perbuatan yang dilakukan secara individu baik dengan bahan-bahan contekan yang sudah disediakan atau melihat pekerjaan orang lain tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu.Kedua tindakan tersebut pernah  saya lakukan pada saat ujian berlangsung😃
 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Seseorang untuk Menyontek
 Didalam perilaku menyontek terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang dapat menyontek, yaitu:
Kurangnya kesiapan dalam menghadapi sebuah ulangan atau ujian
 Dengan kurangnya kesiapan dari diri seseorang dalam menghadapi ujian tersebut maka perilaku untuk berusaha mendapatkan jawaban dengan berbagai carapun akan dilakukan, salah satunya adalah menyontek pekerjaan orang lain.
Kurangnya rasa percara diri pada jawaban sendiri
Karena kurangnya kesiapan dalam menghadapi ujian, maka munculah rasa gelisah dan tidak percaya pada jawaban sendiri. Maka biasanya para siswa akan langsung mencontek kepada temannya atau melihat catatan yg du sembunyikannya.

Adanya kesempatan atau peluang untuk menyontek dan bekerjasama
Peluang atau kesempatan adalah faktor utama yang diandalkan untuk menyontek dan bekerja sama. Kesempatan dan peluang untuk menyontek dan bekerja sama didukung oleh berbagai faktor yang memberikan kesempatan dan peluang pada perilaku menyontek.
Kelengahan pengawas
Keadaan ruang kelas yang membosankan membuat para pengawas merasa bosan sehingga pengawas menjadi mengantuk. kondisi seperti ini lah yang  dimanfaatkan oleh para siswa untuk menyontek dan bekerjasama.
Menyontek ini memiliki dampak tersendiri dari pelakunya , menyontek ini memiliki dampak positif dan negatif yaitu:
Dampak positif
Dampak positif dari menyontek yang dapat langsung kita rasakan adalah mendapat nilai yang baik pada saat ujian.
Dampak negatif
 Dampak-dampak yang didapat dari menyontek kebanyakan adalah dampak negatif. Dampak-dampak negatif yang didapat dari menyontek yaitu: Malas dalam belajar, suka berbohong, menghalalkan segala cara yg menurut dia benar, padahal itu sebenarnya salah, mudah dipengaruhi oleh orang lain dan  kurangnya percaya diri.
Untuk itu kita sebagai siswa atau pelajar yg baik hendaknya kita menjadi siswa yg baik , berakhlak yg baik,selalu ingat ALLAH, percaya pada kemampuan sendiri,  agar kita bisa terhindar dari perilaku menyontek tersebut,tapi walau bagaimanapun kita tidak bisa lepas dari perilaku menyontek,itu lah proses kehidupan , jalankan saja, yg penting kita yakin dengan diri kita sendiri dan bisa melakukan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar