Menyontek
adalah perilaku buruk yang ditunjukan oleh seseorang siswa atau pelajar pada
saat sedang menghadapi ujian atau ulangan. Bagi sebagian orang menyontek itu
perilaku bodoh, perilaku tercela, dan
tindakan yang dilarang oleh agama, tapi tetap saja mencontek ini masih
dilakukan oleh banyak orang.Hal ini sering terjadi di berbagai tempat, terutama di sekolah-sekolah Sebenarnya apa yg
menyebabkan kita atau siapa pun ini mencoba untuk menyontek?apakah baik
mencontek ini bagi kita , dan apakah dampak terburuknya jika kita ketahuan
menyontek.Apakah sebenarnya faktor-faktor penyebab terjadinya menyontek
ini,mari kita cari tau jawabannya disini.
Menyontek
sebenarnya merupakan perbuatan yang tidak jujur yang dilakukan untuk
mendapatkan jawaban dengan cara apapun, yaitu
dengan melihat pekerjaan orang lain,ataupun menyediakan kertas contekan.
Orang-orang
berfikir perbuatan menyontek adalah perbuatan yang buruk dan tidak baik untuk
ditiru. Namun didalam perilaku menyontek terdapat pihak lain yang bersangkutan,
yaitu orang yang dicontek. Perilaku menyontek pada saat ujian atau ulangan
berbeda dengan perilaku bekerjasama untuk saling mendapatkan jawaban dalam
ujian. Perilaku bekerja sama dalam menghadapi ujian dilakukan secara
berkelompok. Bekerjasama dalam ujian biasanya sudah mendapatkan persetujuan
dari keduabelah pihak atau lebih, untuk saling memberikan jawaban antara satu
sama lain. Sedangkan perbuatan menyontek adalah perbuatan yang dilakukan secara
individu baik dengan bahan-bahan contekan yang sudah disediakan atau melihat
pekerjaan orang lain tanpa adanya persetujuan terlebih dahulu.Kedua tindakan
tersebut pernah saya lakukan pada saat
ujian berlangsung😃
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Seseorang
untuk Menyontek
Didalam perilaku menyontek terdapat beberapa
faktor yang menyebabkan seseorang dapat menyontek, yaitu:
Kurangnya
kesiapan dalam menghadapi sebuah ulangan atau ujian
Dengan kurangnya kesiapan dari diri seseorang
dalam menghadapi ujian tersebut maka perilaku untuk berusaha mendapatkan
jawaban dengan berbagai carapun akan dilakukan, salah satunya adalah menyontek
pekerjaan orang lain.
Kurangnya rasa percara diri pada
jawaban sendiri
Karena
kurangnya kesiapan dalam menghadapi ujian, maka munculah rasa gelisah dan tidak
percaya pada jawaban sendiri. Maka biasanya para siswa akan langsung mencontek
kepada temannya atau melihat catatan yg du sembunyikannya.
Adanya kesempatan atau peluang untuk
menyontek dan bekerjasama
Peluang
atau kesempatan adalah faktor utama yang diandalkan untuk menyontek dan bekerja
sama. Kesempatan dan peluang untuk menyontek dan bekerja sama didukung oleh
berbagai faktor yang memberikan kesempatan dan peluang pada perilaku menyontek.
Kelengahan pengawas
Keadaan
ruang kelas yang membosankan membuat para pengawas merasa bosan sehingga
pengawas menjadi mengantuk. kondisi seperti ini lah yang dimanfaatkan oleh para siswa untuk menyontek
dan bekerjasama.
Menyontek ini memiliki dampak
tersendiri dari pelakunya , menyontek ini memiliki dampak positif dan negatif yaitu:
Dampak positif
Dampak
positif dari menyontek yang dapat langsung kita rasakan adalah mendapat nilai
yang baik pada saat ujian.
Dampak negatif
Dampak-dampak yang didapat dari menyontek
kebanyakan adalah dampak negatif. Dampak-dampak negatif yang didapat dari
menyontek yaitu: Malas dalam belajar, suka berbohong, menghalalkan segala cara
yg menurut dia benar, padahal itu sebenarnya salah, mudah dipengaruhi oleh
orang lain dan kurangnya percaya diri.
Untuk
itu kita sebagai siswa atau pelajar yg baik hendaknya kita menjadi siswa yg
baik , berakhlak yg baik,selalu ingat ALLAH, percaya pada kemampuan
sendiri, agar kita bisa terhindar dari
perilaku menyontek tersebut,tapi walau bagaimanapun kita tidak bisa lepas dari
perilaku menyontek,itu lah proses kehidupan , jalankan saja, yg penting kita
yakin dengan diri kita sendiri dan bisa melakukan yang terbaik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar